Sabtu, 07 Maret 2015

Ecomerce pada sector bisnis electronik

Apa itu ecomerce?

 E-Commerce menurut Laudon  (1998), E-Commerce adalah suatu proses membeli dan menjual produk-produk secara elektronik oleh konsumen dan dari perusahaan ke perusahaan dengan computer sebagai perantara transaksi bisnis.
E-Commerce atau yang biasa disebut juga dengan istilah Ecom atau Emmerce atau EC merupakan pertukaran bisnis yang rutin dengan menggunakan transmisi Electronic Data Interchange (EDI), email, electronic bulletin boards, mesin faksimili, dan Electronic Funds Transfer yang berkenaan dengan transaksi-transaksi belanja di Internet shopping,
Stock online dan surat obligasi, download dan penjualan software, dokumen, grafik, musik, dan lain-lainnya, serta transaksi Business to Business (B2B). (Wahana Komputer Semarang 2002).
Sedangkan definisi E-Commerce menurut David Baum (1999, pp. 36-34) yaitu: E-Commerce is a dynamic set of technologies, applications, and bussines process that link enterprises, consumers, and communities through electronics transactions and the electronic exchange of goods, services, and informations.
Diterjemahkan oleh Onno. W. Purbo: E-Commerce merupakan satu set dinamis teknologi, aplikasi, dan proses bisnis yang menghubungkan perusahaan, konsumen, dan komunitas tertentu melalui transaksi elektronik dan perdagangan barang, pelavanan, dan informasi yang dilakukan secara elektronik.
Definisi dari E-Commerce menurut Kalakota dan Whinston (1997) dapat ditinjau dalam 4 perspektif berikut:

  1. Dari perspektif komunikasi, E-Commerce adalah pengiriman barang, layanan, informasi, atau pembayaran melalui jaringan komputer atau melalui peralatan elektronik lainnya.
  2. Dari perspektif proses bisnis, E-Commerce adalah aplikasi dari teknologi yang menuju otomatisasi dari transaksi bisnis dan aliran kerja.
  3. Dari perspektif layanan, E-Commerce merupakan suatu alat yang memenuhi keinginan perusahaan, konsumen, dan manajemen untuk memangkas biaya layanan (service cost) ketika meningkatkan kualitas barang dan meningkatkan kecepatan layanan pengiriman.
  4. Dari perspektif online, E-Commerce menyediakan kemampuan untuk membeli dan menjual barang ataupun informasi melalui internet dan sarana online lainnya.
Dari definisi inilah yang membut para pengusaha atau jasa barang beralih pada teknologi informasi yg sangat modern. mungkin dalam pribahasanya adalah "life in hand" dimna para pemburu elektronik (barang) ingin selalu praktis dalam belanja, dan mungkin secara konvensional siapa juga yang mau beli barang dengan harus berjalan sekitah 5-ratusan km ?
pada zaman ini kita hanya pijit smartphone pilih barang dan ebanking, kasih alamt dan tunggu kedatangan barang.
pada satu contoh sebuah organisasi bisnis yaitu http://www.jakartanotebook.com/
pada awalnya mereka mendirikan sebuah toko di  Ruko Garden Shopping Arcade No. 8EK
Podomoro City - Central Park
Jl. Letjen S. Parman Kav. 28
Grogol - Petamburan Jakarta Barat 11470


karna banyaknya pelanggan dari luar daerah teciptalah websitenya 
 website ini melayani semua pembelian (orderan) se indonesia, bahkan sampe mancanegara. website ini menawarkan harga yang relatif hemat dan kulitas barang yg bagus, dulunya hanya melayani pada sparepat laptop saja seperti battery, dengan perkembangan teknologi saat ini website ini melayani barang electronik, aksesories smartphone, laptop, komputer dll.

0 komentar:

Posting Komentar