Sabtu, 28 Maret 2015

Analisis Website TOKOPEDIA.COM



   Seiring perkembangan jaman pada saat ini, telah memunculkan teknology mutakhir, salah satunya adalah bisnis di internet atau disebut ecomerce. peluang yang di hasilkan oleh ecomerce sangat mneguntungkan sekali, karna tidak perlu modal bnyak untuk memasarkan product, tidak usah panas - panasan untuk menunggu pembeli atau sekedar lihat saja.
ecomerce tidak hanya pada bisnis penjualan saja, tetapi juga melayani jasa.

 https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh8QnB3nl8r9LXkS7N5o-6Ot7ogbI7o6AbLYlckaH-HxsCEiYl3bcBcP70-qKI-2cDNSYBdnIUY-9zTnf7wlR6fn7GFMHMiT1T_JR0xbXyn5d1omn1vwklnXiUBJbRC9zigmyT_GAGPb4LG/s1600/tokopedia.jpg

sekarang kita coba mengulas pada situs ecomerce terbesar di indonesia yaitu TOKOPEDIA.COM
link :  https://www.tokopedia.com/
toko online ini menyediakan / memasarkan kebutuhan kebutuhan konsumen, mulai dari barang elektronik, baju, peralatan rumah tangga, dan properties lainnya.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi-l9z0bH-BA7JU4MROhixfVuuPjPptQAskOXkSJ3r0sT4EXL2HGyo4DF5MZ9-4bOGX_d0dmo7JDEVFKS4pK-HdGNBcDtOoTJPrGoZE8rquDpkDg25dUD_avPJN9Z5NFQw1TCCdMrU9vcUM/s1600/center+navigation.JPG 
 Proses bisnisnya
       Tokopedia sendiri menjelaskan di situs mereka bahwa keuntungan bagi pembeli dengan pembayaran UNIK adalah proses verifikasi pembayaran yang instan, yang memungkinkan penjual lebih cepat menerima order dan barang yang dijual bisa lebih cepat sampai ke pembeli. Sedangkan untuk penjual, keuntungan yang ditawarkan adalah perluasan pasar pada para pengguna UNIK yang ingin membeli di berbagai merchant Tokopedia. Pilihan pembayaran baru selain yang sudah ada ini ingin memberikan transaksi online yang lebih cepat dan mudah.

Bagaimana cara menjualnya (COD, kartu kredit, e-currency).
  1. ClickPay (bank mandiri)
  2. KlikPay (bank BCA)
  3. Tranfer via ATM
  4. Kartu Kredit
  5. Pakai Paypal, Ipay,
  6. Langgsung.

Pembayaran bisa lakukan melalui Transfer ATM, setoran tunai, e-banking, maupun mobile-banking ke nomor rekening tokopedia.
 Teknik marketingnya :
Tokopedia melakukan pembakuan nama domain dengan format  http://namatoko.tokopedia.com, yang menurun juga ke tautan produk-produknya menjadi http://namatoko.tokopedia.com/product.pl?id-product.  Dengan pembakuan tersebut toko-toko yang tidak memakai domainnya sendiri akan lebih terasa branding-nya.
Untuk memicu pertumbuhan toko-toko, Tokopedia menerapkan directory toko yang diurutkan berdasarkan volume penjualan. Selain itu diperkenalkan juga featured shop yang akan mendapat spot khusus di halaman depan maupun directory, tapi sayangnya tidak (belum?) ada ketentuan baku mengenai pemilihan featured shop ini. Kemudian Tokopedia juga mengklaim telah mengembangkan SEO mereka sehingga diharapkan halaman-halaman toko maupun produk akan sering muncul dalam hasil pencarian lewat mesin pencari.
Penjual bisa melakukan promosi barang-barang secara bergantian untuk dipajang di halaman 1 Tokopedia. Caranya penjual bisa melakukan Klik tombol Dink It, yang disediakan. Barang yang di-Dink it, akan ditampilkan di halaman 1, selama satu jam. Penjual hanya bisa melakukan Dink it ini untuk satu jenis barang. Proses Dink it bisa dilakukan lagi oleh penjual yang sama setelah 2 jam kemudian. Bisa dengan barang yang sama atau barang yang lain.
Setelah memiliki bintang dalam jumlah tertentu sehingga bisa masuk daftar sebagai Featured Shop, penjual bisa mengikuti event-enent bazar yang digelar Tokopedia secara berkala. Namanya bazar maka barang yang diikutkan dalam bazar tersebut harganya harus didiskon. Barang yang diikutkan dalam bazar akan dipajang di halaman 1 Tokopedia.
Produk-produk yang dipajang di Tokopedia, bisa langsung dilinkkan ke wall Facebook dan Twitter penjual. Caranya sangat gampang.  Tinggal Klik logo Facebook dan Twitter lalu isi sandi masuk dan ijinkan Tokopedia bertaut dengan Facebook atau Twitter, maka secara otomatis produk akan diupload di dinding akun penjual. 

 Segmen pasar :
Menentukan kebutuhan pokok dari pembeli yang akan dilayani dan dipenuhi.Memilih kelompok pembeli tertentu sebagai sasaran dalam penjualan.
Menentukan produk dan program pemasarannya. Mengadakan penelitian pada konsumen untuk mengukur, menilai dan menafsirkan keinginan, sikap serta tingkah laku mereka. Menentukan dan melaksanakan strategi yang paling baik, apakah menitikberatkan pada mutu yang tinggi, harga yang murah atau model yang menarik. memberikan kepuasan secara optimal kepada konsumen, serta dalam suatu upaya yang terkoordinir untuk memberikan kepuasan kepada konsumen sehingga tujuan dapat tercapai.
 Kelebihannya :
Proses transaksi antara penjual dan pembeli lebih aman karena setiap proses mengharuskan penjual dan pembelinya untuk melakukan konfirmasi, mulai dari konfirmasi pembayaran, konfirmasi pengiriman hingga konfirmasi bahwa barang telah diterima. Banyak cara untuk melakukan promosi yang tidak membutuhkan biaya, mulai dari website gratis, search engine organizer,komunitas jejaring sosial hingga berbagai event yang diadakan oleh tokopedia untuk membantu membernya promosi. Jenis barang yang beragam, tokopedia adalah kumpulan beragam toko online yang menjual berbagai macam barang. 
 Content
     Yaitu bagian yang menjelaskan tentang isi dari website tersebut. Karena itu konten adalah bagian yang paling penting dari sebuah penilaian. Karena itu konten haruslah menarik, relevan, dan sesuai untuk target audien situs yang dituju.
     www.tokopedia.com memiliki knten yang sangat lengkap, pembaca dapat dengan mudah mencari barang yang di inginkan dengan memberi kata kunci pada konten
  1. Dalam menggunakan layanan Situs Tokopedia, Pengguna dilarang untuk menggunakan konten yang mengandung unsur SARA, diskriminasi, merendahkan/menyudutkan orang lain, bahasa vulgar/seksual, dan bersifat ancaman.
  2. Pengguna dilarang mempergunakan foto/gambar Barang yang memiliki watermark yang menandakan hak kepemilikan orang lain.
  3. Penguna dengan ini memahami dan menyetujui bahwa penyalahgunaan foto/gambar yang di unggah oleh Pengguna adalah tanggung jawab Pengguna secara pribadi.
  4. Penjual tidak diperkenankan untuk mempergunakan foto/gambar Barang atau logo toko sebagai media untuk beriklan atau melakukan promosi ke situs-situs lain diluar Situs Tokopedia, atau memberikan data kontak pribadi untuk melakukan transaksi secara langsung kepada pembeli / calon pembeli.
  5. Ketika Pengguna menggungah ke Situs Tokopedia dengan konten atau posting konten, Pengguna memberikan Tokopedia hak non-eksklusif, di seluruh dunia, secara terus-menerus, tidak dapat dibatalkan, bebas royalti, disublisensikan ( melalui beberapa tingkatan ) hak untuk melaksanakan setiap dan semua hak cipta, publisitas , merek dagang , hak basis data dan hak kekayaan intelektual yang Pengguna miliki dalam konten, di media manapun yang dikenal sekarang atau di masa depan. Selanjutnya , untuk sepenuhnya diizinkan oleh hukum yang berlaku , Anda mengesampingkan hak moral dan berjanji untuk tidak menuntut hak-hak tersebut terhadap Tokopedia.
  6. Pengguna menjamin bahwa tidak melanggar hak kekayaan intelektual dalam mengunggah konten Pengguna kedalam situs Tokopedia. Setiap Pengguna dengan ini bertanggung jawab secara pribadi atas pelanggaran hak kekayaan intelektual dalam mengunggah konten di Situs Tokopedia.
  7. Tokopedia menyediakan fitur "talk about it" untuk memudahkan pembeli berinteraksi dengan penjual, perihal Barang yang ditawarkan. Penjual tidak diperkenankan menggunakan fitur tersebut untuk tujuan dengan cara apa pun menaikkan harga Barang dagangannya, termasuk di dalamnya memberi komentar pertama kali atau memberi komentar selanjutnya / terus menerus secara berkala (flooding / spam).
  8. Meskipun kami mencoba untuk menawarkan informasi yang dapat diandalkan, kami tidak bisa menjanjikan bahwa katalog akan selalu akurat dan up-to -date, dan Pengguna setuju bahwa Pengguna tidak akan meminta Tokopedia bertanggung jawab atas ketimpangan dalam katalog. Katalog mungkin termasuk hak cipta, merek dagang atau hak milik lainnya.